Posted on Leave a comment

Kunjungi Destinasi Gratis Ini saat liburan ke London!

Image by liushuquan from Pixabay

London adalah salah satu kota di dunia yang menawarkan berbagai destinasi gratis yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Dengan demikian, tidak hanya mereka yang berkantong tebal yang bisa berlibur ke London. Wisatawan dengan budget rendah pun dapat menjelajah ibukota Inggris.

Sebuah pilihan destinasi wisata gratis di London adalah salah satu dari banyak faktor yang membuat kota yang ramah bagi wisatawan.

Berikut adalah beberapa tempat di London yang bisa dikunjungi tanpa harus merogoh kocek:

1. British Museum

Image by hurk from Pixabay
Image by hurk from Pixabay

British Museum adalah salah satu museum yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk London. Hampir 6 juta pengunjung datang ke museum setiap tahun.

British Museum itu sendiri didirikan pada 1753 dan merupakan museum publik nasional pertama di dunia. Sejak pertama kali didirikan sampai sekarang, museum ini menggratiskan semua pengunjung.

Berbagai koleksi antik mulai dari peradaban awal untuk kerajaan di awal abad 20 lengkap ditampilkan di museum ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai pameran seni dengan tema tertentu setiap harinya.

 

2. Museum of London

Image by picturethisuk.org
Image by picturethisuk.org

Ingin tahu lebih banyak tentang sejarah awal kota London? Maka kunjungilah Museum of London. Museum yang terletak di 150 London Wall ini adalah kumpulan bersejarah dari ibukota Inggris mulai dari pra-sejarah sampai hari ini.

Koleksi seperti ribuan kerangka manusia, mulai dari zaman Romawi ke Abad Pertengahan dapat ditemukan di sini.

Kehidupan warga London pada zaman dahulu pun bisa dirasakan dengan hadirnya tembok bekas benteng London yang bergaya arsitektur Romawi, abad pertengahan, dan zaman Victoria.

 

3. National Gallery

Image by Lori Leidig from Pixabay
Image by Lori Leidig from Pixabay

Tertelak di jantung kota London di kawasan Trafalgar Square, terdapat bangunan kokoh dengan pilar-pilar besarnya. Bangunan tersebut merupakan National Gallery yang telah berdiri sejak 1824.

Berbeda dengan kedua museum di atas, museum ini memamerkan lukisan-lukisan dari pelukis terkenal di dunia. Jadi, bagi mereka yang suka karya seni, mengunjungi Galeri Nasional merupakan agenda wajib saat berlibur ke London.

Selain itu, pengunjung yang datang ke museum ini tidak mengenakan biaya masuk.

Dari 2.300 karya seni yang dipamerkan, salah satunya adalah karya pelukis terkenal Belanda Vincent van Gogh, dengan karya “Sunflowers”-nya.

Museum ini buka setiap hari, termasuk akhir pekan dan hari libur. Namun, perlu dicatat bahwa museum ini akan ditutup pada Natal dan Tahun Baru.

 

4. Tate Modern

Image by HeikoAL from Pixabay
Image by HeikoAL from Pixabay

Ketika National Gallery memamerkan karya abad pertengahan, Tate Modern adalah galeri yang menyajikan berbagai karya seni modern dan seni kontemporer dari 1900 sampai sekarang.

Berbagai karya seni dari seniman terkenal, seperti Picasso dan Andy Warhol, ada di galeri yang terletak di Bankside London. Ada juga berbagai pameran yang diadakan setiap hari dengan tema-tema tertentu.

 

5. Victoria and Albert Museum

Image by raredelights.com
Image by raredelights.com

Victoria dan Albert Museum lebih populer dikenal sebagai V & A. Dibangun pada tahun 1899, peletakan batu pertama dalam pembangunan museum dilakukan oleh Ratu Victoria. Sejak dibangun sampai sekarang, V & A museum adalah salah satu museum termegah di dunia dengan beragam koleksi.

Terdapat sekitar 150 galeri besar di tujuh lantai yang bisa Anda jelajah secara cuma-cuma. Koleksi seni terapan, seperti berbagai perabotan, keramik, pahatan, lukisan, poster, perhiasan, logam, kaca, tekstil, dan pakaian, bisa Anda temui di sini.

Anda dapat mengunjungi museum ini setiap hari pukul 10.00 – 17.45 waktu setempat. Untuk sampai ke sini, Anda dapat menggunakan kereta bawah tanah dan turun di Stasiun Kensington Selatan. Dari sana, Anda hanya berjalan sekitar 5 menit untuk mencapai museum termegah di Inggris ini.

 

Sumber: Kompas Travel