Posted on Leave a comment

manfaat pantai untuk Fisik dan Mental

Merdunya debur ombak, putih pasir di sela jari kaki, birunya langit dan jernihnya air pantai selalu menjadi daya tarik orang untuk berlibur ke pantai. Mengunjungi pantai juga terbilang wisata yang paling mudah dilakukan. Tidak perlu persiapan yang terlalu ribet. Cukup baju yang nyaman, pakaian ganti dan tentu saja sunscreen untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Namun, tahukah kamu apa saja manfaat liburan ke pantai untuk fisik dan mental menurut sains?

manfaat pantai bagi fisik dan mental

Sumber gambar: unsplash.com

1- Membuat Tubuh Lebih Rileks dan Meredakan Stres

Kaki yang menyentuh pasir, mata yang melihat biru air dan langit, telinga yang mendengarkan ombak, hidung yang menghirup aroma laut, dapat membuat tubuh kita rileks. Menurut Richard Shuster, Psikolog Klinis yang juga host podcast The Daily Helping, suara-suara ombak ditambah dengan keindahan visual yang kita nikmati saat berlibur ke pantai dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membuat kita bisa lebih slow down, rileks, dan terhubung dengan sekitar.

manfaat pantai bagi fisik dan mental

Sumber gambar: pexels.com

2- Refreshing ke Pantai Dapat Membuat Lebih Produktif Ketika di Kantor

Dilansir dari NBC News, Sally Nazari, seorang Psikolog yang juga pemilik Chrysalis Psychological Services mengatakan praktik mindfullness atau meditasi punya banyak manfaat kesehatan mental, termasuk menghilangkan stres dan membuat kita menjadi lebih tangguh dalam menangani tekanan. Meditasi dapat dengan maksimal kita lakukan ketika kita refreshing ke pantai.
Untuk bermeditasi di pantai juga sangat mudah, cukup dengarkan ombak sambil menutup mata, fokus, dan rasakan kaki kamu berada di atas pasir. Hirup aroma udara laut dan tariklah napas dalam-dalam.
Melatih kesadaran ini dapat membuat otak berfungsi dengan lebih baik dalam melakukan penalaran, meningkatkan daya ingat, hingga berempati. Pikiran bisa menjadi lebih fokus sehingga kita akan menjadi lebih produktif ketika kembali ke rutinitas hidup setelah refreshing ke pantai.

manfaat pantai bagi fisik dan mental

Sumber gambar: unsplash.com

3- Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif

Ada baiknya ketika sedang merasa ide mentok dan buntu, segeralah berlibur ke pantai. Bisa jadi kamu kurang inovasi di kantor karena kamu kurang piknik. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ravi Mehta dari University of Illinois mengenai eksplorasi efek warna dalam performa tugas koginitif yang diterbitkan dalam jurnal American Association for the Advancement of Science, ditemukan bahwa warna biru berkaitan dengan peningkatan kreativitas.

manfaat pantai bagi fisik dan mental

Manfaat Liburan ke Pantai dapat Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Dari tiga manfaat pantai di atas selain untuk Fisik dan Mental, pada akhirnya akan berujung pada satu hal penting dalam hidup, yaitu menjadi lebih bahagia. Kebahagian senantiasa didukung oleh kondisi fisik dan mental yang baik.
Mau lebih bahagia lagi? Refreshing ke pantai sama doi dan dapat hadiah cashback! segera hubungi team untuk reservasi

Sumber : shopback