Posted on Leave a comment

Wisata Turki Antimainstream Wajib masuk Itinerary-mu!

Jangan cuma ke Blue Mosque guys, Kebanyakan wisatawan Indonesia yang datang wisata turki biasanya akan mengunjungi tempat-tempat yang sudah ada dalam paket wisata seperti Blue Mosque, Hagia Sophia dan cappadocia, ini tempat wisata turki yang wajib kamu kunjungi.

Turki sebenarnya tidak sebatas tempat-tempat itu saja, ada banyak tempat yang masih bisa dieksplorasi, apa saja ya?

1. Main ski di Kayseri saat musim dingin

Wisata TurkiBerkunjung ke Turki pada saat musim dingin, ada dua tempat yang bisa dikunjungi untuk bermain ski, yakni Bursa (Gunung Uludag) dan Kayseri. Erciyes Kayak Merkezi di Kayseri bisa menjadi pilihan kamu untuk bermain ski, pasalnya ada dua landasan yang bisa digunakan.

Untuk pemula biasanya akan menggunakan landasan landai dengan risiko cedera yang minim. Sedangkan bagi mereka yang sudah ahli akan menggunakan landasan yang lebih tinggi dan curam. Untuk mencapai landasan yang tinggi, kita bisa menggunakan kereta gantung yang disediakan dengan menukarkan tiket yang sudah kita beli.

2. Menikmati hamparan tulip di Asya Lale saat musim semi

Wisata Turki

Asya Lale merupakan perkebunan tulip dengan luas 400 hektar dan dikenal sebagai salah satu kebun tulip terluas di Turki. Di perkebunan indah ini kita dapat melihat jutaan tulip dengan jenis dan warna yang berbeda-beda.

Tak hanya itu, kita bisa berfoto ria sembari membeli bibit tulip di sini. Karena bunga yang satu ini hanya mekar dua minggu dalam setahun, ada baiknya kamu segera merencanakan trip kamu ke sini pada minggu kedua bulan April. Kebun Asya Lale dapat kamu jumpai di dekat kota Konya.

3. Melihat tari sufi di Konya

Wisata Turki

Pernah mendengar tari sufi? Sebuah tari dari murid-murid sufi terkenal di dunia, Jalaludin Rumi. Tari sufi atau yang dikenal dengan nama Tari Sema melambangkan kedamaian jiwa dan putaran bumi. Tari ini bisa dilihat di kota Konya, tepatnya di Mevlana Kultur Merkezi setiap malam minggu secara gratis.

4. Mengunjungi kuda troya di Canakkale

Masih ingat dengan film Troy yang keluar tahun 2004 mengisahkan tentang hebatnya Achilles yang diperankan oleh Brad Pitt? Pada film tersebut kita dapat melihat satu adegan dimana para tentara Troya berkamuflase dengan bersembunyi di dalam patung kuda Troya sebagai bentuk “persembahan” kepada tentara Yunani setelah mengalami konflik dan perang sengit. Kuda Troya ini lah jalan masuk para pasukan Troya untuk menyerang Yunani dari dalam.

Patung Kuda ini bisa ditemukan di kota Canakkale yang dulunya masuk ke dalam wilayah Yunani namun pada tahun 1925 telah menjadi bagian dari Turki. Pada sejarahnya Canakkale ribuan tahun lalu merupakan kota kecil yang indah dan menjadi rebutan antar dua bangsa besar.

Kuda Troya yang berada di Canakkale pun sebenarnya bukan peninggalan asli sejarah Canakkale melainkan peninggalan dari film Hollywood dan kini menjadi salah satu Ikon kota Canakkale.

5. Wisata pantai dan panorama di Antalya

Wisata TurkiTidak semua daerah di Turki memiliki pantai, untuk itu tempat seperti Antalya wajib dikunjungi. Pasalnya hamparan panorama yang indah dan pantai yang menakjubkan bisa jadi pilihan wisata kamu.

Di Antalya ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti camping, tracking, bermain air di Pantai hingga wisata sejarah. Tak hanya itu, Antalya juga identik dengan makanan laut, di sini kamu bisa pergi ke citir balik di mana kamu bisa menikmati fillet ikan dengan toping salad yang bisa kamu pilih sesuka hati.

Tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi di Antalya adalah Aspendos sebuah peninggalan saksi bisu pasukan Yunani maupun Romawi yang gagal mengalahkan orang Pisidia. Reruntuhan-reruntuhan sisa perang ini memiliki pemandangan tersendiri untuk pengunjung-pengunjungnya.

6. Mengunjungi Efesus di Izmir

Efesus dulunya merupakan kota Yunani kuno yang juga pernah menjadi kota Romawi. Kota ini merupakan satu dari 12 kota anggota Liga Ionia pada masa Yunani Klasik. Ketika memasuki museum efesus ini kamu akan disuguhkan dengan bangunan-bangunan masa Romawi dan Yunani yang kental dengan peradabannya. Di sini kamu juga bisa melihat Grand Teather of Ephesus yang bentuknya seperti tempat gladiator bertarung.

Dikarenakan Izmir berdekatan dengan laut, seafood juga menjadi andalan yang bisa kamu cicipi seperti Midye, kerang berisi nasi yang sangat terkenal dan kamu bisa beli secara kiloan.

Nah, itulah tempat-tempat menarik di Turki selain hanya Istanbul dan Kapadokya saja. Jadi nanti kalau kamu berkunjung wisata turki bisa pergi ke tempat-tempat antimainstream sendiri ya!

SC : idntimes