Posted on

8 Tips Agar Koper Aman Saat di Bagasi Pesawat

Blog.garditour.co.id Maraknya aksi pencurian bagasi di bandara membuat kita merasa was-was. Apakah koper yang kita miliki akan aman saat masuk ke bagasi? Dalam catatan kehilangan dari Angkasa Pura pun bisa dibilang tidak sedikit. Lalu apakah kita tidak perlu memasukkan koper kita ke bagasi pesawat agar tetap aman? Jawabannya tidak, Karena masih banyak cara lain yang dapat kita gunakan agar koper kita tetap aman dari aksi pencurian.

Seperti video di atas, video tersebut adalah aksi pencurian koper penumpang oleh seorang petugas bandara yang terekam dan terpublikasi. Nah untuk menghindari hal tersebut mari kita ikuti tips berikut:

 

1. Bawa Koper Ke Kabin

Jika Anda hanya membawa koper yang ukurannya kecil alangkah baik membawanya ke kabin. Tapi pastikan koper tersebut muat di kabin dan tidak ada benda-benda yang dilarang masuk ke kabin.

 

2. Gunakan Gembok atau Pengaman Lainnya

Untuk menambah keamanan koper Anda, pastikan menggunakan gembok untuk pengaman pada resleting. Dan saya sarankan gunakan gembok dengan nomor kombinasi. Selain gembok Anda juga perlu menggunakan sabuk pengaman koper atau yang lebih hemat gunakan lakban.

 

3. Wrap Koper Anda

Ini adalah cara yang paling efektif untuk menghindari tindak pencurian di bagasi. Walaupun memang melakukan wraping menambah biaya lagi. Tapi jika dibongkar oleh penjahat, pasti akan terlihat sangat jelas bekasnya.

 

4. Gunakan Cover khusus

Cover khusus untuk koper sebenarnya hampir sama fungsinya seperti plastik wrap walaupun harganya memang lebih mahal tapi dapat digunakan berkali-kali.

 

5. Gunakan Koper yang Mencolok

Koper yang terlihat biasa kelihatannya akan lebih aman dari pencuri. Koper yang biasa-biasa saja akan mudah tertukar dengan koper lainnya. Dan, saat pencuri membongkar koper yang biasa saja, aksi tersebut tidak terlalu menarik perhatian dibanding membongkar koper yang mencolok.

 

6. Hindari Menggunakan Koper Bermerk

Sebenarnya sah-sah saja jika Anda menggunakan koper bermerk. Tapi alangkah baiknya kita menggunakan koper yang biasa jika ingin dimasukkan ke bagasi. Karena banyak penjahat mengincar koper-koper yang bermerk.

 

7. Pilih Koper Tanpa Resleting

Banyak sekali tersebar video cara membuka resleting tanpa perlu merusak ataupun membuka gemboknya. Sehingga perlu Anda waspadai jika menggunakan koper dengan resleting.

 

8. Antri Lebih Awal di Conveyor

Usahakan Anda mengantri lebih awal di conveyor setelah landing. Karena dengan antri lebih awal, Anda dapat lebih mudah mengawasi koper Anda dari hilang karena terambil orang lain.

 

Sekian tips dari saya, baca tips sebelumnya Pertama Kali Naik Pesawat? Cek 10 Tips ini . Semoga tips ini bermanfaat, sampai jumpa di tips-tips dan info menarik selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *